Breaking News

Like Dulu Ya!!!

Wednesday 25 June 2014

Asal Usul Bakso


Darimana ya asal mulanya bakso dibuat?
Makanan yang sangat lezat ini dibuat pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou.
Seorang pria bernama Meng Bo yang tinggal disebuah desa kecil, dia berkepribadian baik dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya. Suatu hari ibunya yang sudah tua tidak dapat memakan daging lagi karena giginya tidak bisa lagi mengunyah daging keras dan ulet.

Meng Bo membantu ibunya agar dapat menikmati daging yang sangat lezat itu lagi. Sepanjang malam dia duduk termenung memikirkan bagaimana caranya agar ibunya dapat mengunyah daging lagi.
Hingga suatu hari dia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, Meng Bo langsung pergi kedapur dan mengolah daging dengan mengikuti cara tetangganya. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuk daging tersebut menjadi bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian dia merebus daging itu dan daging itu mengeluarkan bau yang sangat lezat.

Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat tapi mudah juga untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat memakan daging lagi.

Kisah berbaktinya Meng Bo kepada ibunya beserta resep baksonya mulai tersebar ke penduduk di kota Fuzhou. Dan para penduduk mulai belajar untuk membuat bakso yang sangat lezat tersebut...



Penulis : Tri Purnomo Aji

Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Designed By